Pages

Jessi dan Afgan Liris Lagu Duet Escape dalam Album Sonder

jessi dan afgan duet

Jessi dan Afgan Liris Lagu Duet Escape dalam Album Sonder. Penyanyi pop R&B Indonesia, Afgan Syahreza, kembali merilis album mini berbahasa Inggris keduanya yang berjudul "Sonder" setelah meraih kesuksesan dengan "Wallflower" pada 2021. 

Album ini dirilis melalui label EMPIRE, dan salah satu sorotan utama dari album ini adalah single berjudul 'Escape'. 

Single tersebut menampilkan kolaborasi antara Afgan dan Jessi, rapper terkenal asal Korea Selatan. Pengumuman mengenai kolaborasi ini secara mengejutkan dibagikan oleh Afgan melalui akun Instagram pribadinya @afgan__ pada Kamis, 20 Juni 2024, dengan sebuah foto bersama Jessi.

Single 'Escape' dirilis pada Jumat, 21 Juni 2024. Dalam unggahan Instagramnya, Afgan menulis, 

"FINALLY! 'ESCAPE' out 21.06.24 @jessicah_o. Seberapa bersemangatnya dirimu?". 

Afgan mengaku sangat antusias dengan perilisan lagu terbarunya ini. Selain itu, mereka juga merilis video musik (MV) untuk lagu tersebut pada hari yang sama. Dalam MV tersebut, terlihat keakraban antara Afgan dan Jessi.

“Ini memberikan suasana musim panas. Kami bersenang-senang membuatnya,” tulis Afgan dalam unggahannya.

Proyek album ini, seperti yang diungkapkan oleh Afgan, dikerjakan di London pada tahun sebelumnya, dengan proses penulisan dan rekaman seluruh lagu selesai hanya dalam dua pekan. 

“Kami menulis dan merekam semua lagu dalam 2 minggu. Hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua produser & penulis lagu yang bekerja dengan saya dalam hal ini,” kata Afgan.

Menurut Afgan, album "Sonder" merupakan karya paling personal baginya. Judul tersebut dipilih karena mencerminkan kesadaran akan cerita hidup setiap individu yang kita temui, baik yang kita kenal maupun tidak. Afgan percaya bahwa setiap orang memiliki cerita hidupnya masing-masing. 

“Masing-masing dari mereka sedang mengalami sesuatu dalam hidup mereka, dan kita harus punya rasa kasih sayang terhadap orang lain. Itu yang membuatku memilih Sonder sebagai judul album,” ungkap Afgan dalam siaran tertulis yang dikutip pada Sabtu.

Afgan juga berkolaborasi dengan beberapa penulis lagu dan produser ternama di Inggris, seperti Maestro, yang dikenal sebagai produser single 'What Now' milik Rihanna. 

Album ini terdiri dari lima lagu, termasuk 'Shallow Water', sebuah balada emosional yang bercerita tentang ketakutan terhadap komitmen akibat trauma masa lalu; 'Lonely Night', sebuah lagu yang lebih dancy yang menceritakan kenyamanan dalam kesendirian; serta 'Escape', lagu dengan nuansa musim panas yang lebih fresh. 

Tak hanya itu, terdapat pula kolaborasi dengan penyanyi wanita R&B berdarah Vietnam-Amerika, Thy, dalam lagu 'Criminal'.

Melalui album ini, Afgan ingin menunjukkan perkembangan dirinya sebagai seorang musisi. Dia mengatakan bahwa sebelumnya, dia merasa tidak memiliki kendali atas arah musiknya sendiri karena terlalu dikendalikan oleh pasar dan ekspektasi orang-orang. 

“Namun, seiring berjalannya waktu, aku menjadi semakin berani untuk mengeksplorasi musikku dan lebih terbuka terkait diriku agar orang-orang dapat mengenalku lebih dalam,” kata Afgan.

Dengan "Sonder", Afgan berharap dapat menyampaikan pesan bahwa setiap orang memiliki cerita hidup yang unik dan layak dihargai. Album ini tidak hanya menjadi bukti perkembangan musikal Afgan tetapi juga cerminan dari perjalanannya dalam menemukan identitas dan ekspresi diri yang sejati dalam dunia musik.


Referensi: tempo




beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger beauty blogger